Rabu, 09 November 2011

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) adalah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mentransformasi  data akuntansi menjadi informasi.Namun,dalam penjelasan kali ini,istilah sistem informasi akuntansi memiliki cakupan yang lebih luas,yaitu mencakup juga siklus pemrosesan transaksi,penggunaan teknologi informasi,dan pengembangan sistem infomasi.
Semua aktivitas organisasi yang terkait dengan keuangan dapat dipandang sebagai bagian dari berbagi proses bisnis.Proses bisnis adalah serangkaian tugas yang saling berhubungan yang melibatkan data,unit organisasi,dan suatu urutan waktu yang logis.Proses bisnis selalu dipacu oleh kejadian ekonomi.Semua proses bisnis memiliki titik awal dan titikakhir yang jelas,misalnya proses pengolahan order konsumen dipicu oleh peneriman order pembelian dari konsumen.Prosesnya sendiri dimulai sejak dibuatnya order penjualan dan diakhiri oleh penerimaan kas dari konsumen pada sat konsumen melunasi piutang dagang.
Mengingat kebanyakan organisasi mengalami kejadian ekonomi aktivitas serupa maka dapat didefinisikan sembilan kelompok proses bisnis dasar antara lain:
1.Logistik penjualan inbound (persediaan,pengendalian,retur ke pemasok)
2.Logistik penjualan outbound (pemrosesan order penjualan,pengiriman pesanan,pengumpulan piutang)
3.Operasi (mesin,perakitan,pengepakan,dan lain-lain)
4.Pemasaran (periklanan,promosi,penawaran,dan lain-lain)
5.Jasa (instalansi,reparasi,layanan purnajual,dan lain-lain)
6.Prokurmen (pembelian,pemesanan,evaluasi penawaran dari pemasok,dan lain-lain)
7.Pengembangan teknologi (sumber daya dan pengembangan )
8.Organisasi dan manjemen sumber daya manusia ( rekrutmen,pelatihan,dan lain-lain )
9.Infrastruktur perusahaan ( akuntansi,perencanaan dan pengendalian bisnis,pengelolaan modal,dan lain-lain).
   Lebih jauh,lima proses yang pertama dapat diklasifikan sebagai proses bisnis primer dan empat lainnya sebgai proses bisnis pendukung.Proses bisnis primer melibatkan aktivitas yang secara langsung menambah nilai bagi produk perusahaan.Proses bisnis pendukung melibatkan aktivitas yang secara tidak langsung menambah nilai produk.Proses bisnis pendukung mendukung proses bisnis primer
   Secara kolektif,proses bisnis primer dan pendukung membentuk rantai nilai aktivitas perusahaan..Rantai nilai adalah suatu cara pandang aktivitas perusahaan sedemikian rupa sehingga memudahkan nilai keunggulan kompetitif perusahaan.Rantai nilai membagi aktifitas ke dalam bagian-bagian sehingga aktivitas secara individu dapat dioptimalkan dalam rangka mencapai tujuan dan strategi organisasi.
   Baik proses bisnis primer dan proses bisnis pendukung dapat dibagi ke  dalam berbagai subproses.Sebagai contoh,logistik outbound dapat dibagi menjadi perekaman pesanan,pengecekan kredit,dan lain sebagainya.Pemecahan proes semacam ini merupakan alat yang sangat berguna bagi orang sistem dan akuntan karena pemecahan proses memungkinkan akuntan maupun orang sistem memfokuskan diri pada area tertentu yang spesifik dari serangkaian aktivitas perusahaan yang sangat kompleks.
   Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) terdiri dari integrasi proses bisnis perusahaan secara luas.Paket perangkat lunak ERP merupakan sistem informasi berorientasi pada keuangan yang mendukung dan mengotomasisasi proses bisnis.Paket perangkat lunak ERP dijual oleh beberapa perusahaan,seperti,SAP,PeopleSoft,BaaN,dan Oracle.

1 komentar:

Noora Amalie mengatakan...

The post is written in very a good manner and it contains much useful information for me. If you are interested in automatic tents, please check the link.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes